Dengan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung semenjak dua tahun terakhir, begitu banyak perusahaan di seluruh dunia perlu beradaptasi bagaimana mereka menjalankan bisnis. Hal ini menjadikan digitalisasi sebagai pilihan yang kuat bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja secara keseluruhan. Pasar transformasi digital secara global diperkirakan akan mencapai nilai USD 2744,68 miliar pada tahun 2026.

Pada artikel ini, kami akan mengeksplorasi manfaat digitalisasi perusahaan dan bagaimana Cognitive Automation dapat membantu perusahaan memulai digitalisasi untuk mencapai transformasi digital.

Apa itu Digitalisasi?

Dengan menerapkan teknologi disruptif seperti kecerdasan buatan (AI) dan analisis data, perusahaan dapat mengubah model bisnis, operasi, dan proses kerja mereka ke dalam format digital. Proses inilah yang kita kenal sebagai digitalisasi.

Proses ini merupakan penggunaan teknologi baru untuk mengubah praktik bisnis tradisional yang sudah usang, memperluas potensinya untuk dapat menjalankan bisnis dengan lebih cerdas dan cepat. Teknologi memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data secara bersamaan dan mengidentifikasi pola dari sejumlah data tersebut. Kemampuan ini memudahkan proses berjalannya bisnis dalam mengambil keputusan dan melihat peluang, sehingga dapat bersaing di tengah persaingan global.

Digitalisasi membantu meningkatkan dan mengubah operasi bisnis melalui data digital. Hal ini dapat tercapai dengan memanfaatkan teknologi cerdas untuk mengubah dan memahami data dengan lebih baik.

Beberapa contoh penggunaan teknologi dalam digitalisasi:

Teknologi ini memungkinkan sistem untuk meniru perilaku manusia. Kemampuan ini dapat meningkat melalui pembelajaran dalam memproses data dan informasi yang bersifat kompleks.

Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi berbagai macam pekerjaan secara signifikan. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas kerja, mencegah kesalahan manusia yang cenderung terjadi dalam pekerjaan, dan menghemat operational cost.

Meskipun praktik ini lebih mengandalkan teknologi digital dibanding sebelumnya, namun tidak berarti bahwa pekerja manusia akan tergantikan. Pekerja manusia akan lebih diberdayakan dengan bantuan teknologi ini, memungkinkan mereka untuk memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang dengan nilai tambah.

Tujuan utama digitalisasi adalah agar perusahaan dapat bertahan dan bersaing secara global. Berbagai perusahaan di seluruh dunia berlomba untuk menerapkan teknologi secanggih mungkin untuk memajukan bisnis mereka agar tetap kompetitif, meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta meningkatkan profit.

Ada banyak pilihan untuk memulai digitalisasi ini, dan otomatisasi adalah salah satu cara efektif untuk menerapkannya. Otomatisasi adalah pilihan yang tepat bagi perusahaan untuk memulai perjalanan digitalisasi mereka, yang mana akan meningkatkan nilai kompetitif bisnis mereka sendiri.

Manfaat Digitalisasi bagi Perusahaan Anda

Bagi perusahaan, pendorong umum digitalisasi adalah terutama terkait dengan biaya dan fokus pada peningkatan operasi bisnis. Namun, mari kita lihat berbagai manfaat digitalisasi dari perspektif yang lebih spesifik.

Berikut adalah manfaat utama digitalisasi bagi perusahaan Anda:

1. Kemudahan mengakses dan memperoleh data

Di tengah persaingan global era digital, permintaan akan suatu kebutuhan tumbuh begitu cepat. Siapa pun yang dapat dengan cepat memahami dan memenuhi kebutuhan pasar akan menang. Hal ini mengharuskan perusahaan untuk terus melakukan riset dan analisis data. Itulah mengapa perusahaan tidak boleh bergantung pada proses manual untuk menangani data, mengingat ada terlalu banyak data untuk diproses. Proses pengumpulan data penting untuk dievaluasi, bagaimana metodenya dan efisiensinya.

Menggunakan digitalisasi dengan konsep otomatisasi, perusahaan dapat mengumpulkan data secara bersamaan. Terlepas dari sumber atau jenis data, cognitive bot dapat mengumpulkan dan menyusunnya secara akurat.

Biasanya, staf perlu melakukan data entry secara manual, memindahkan data dari dokumen kertas ke komputer untuk disimpan dalam sistem. Dengan digitalisasi, cognitive bot dapat melakukan Intelligent Document Extraction di mana cognitive bot dapat mengekstrak data dari semua jenis dokumen. Selain itu, jika ingin mengekstrak data yang terletak pada sebuah website atau platform, cognitive bot dapat mengakses dan mengekstraknya. Cognitive bot dapat memahami dan mengidentifikasi data mana yang memenuhi kriteria. Kemampuan ini memungkinkan staf untuk mempercepat proses pengambilan data demi riset, dengan akurasi yang menjanjikan karena cognitive bot tidak mengenal human-error.

Lihat proses ekstraksi data dari dokumen dan ekstraksi data dari website.

2. Kemudahan melihat peluang dan tantangan dalam segmen pasar

Digitalisasi memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data secara bersamaan dengan akurasi yang terjamin. Perusahaan dapat mengoptimalkan data untuk menghasilkan insights yang fokus kepada target pasar. Menggunakan AI Machine Learning, cognitive bot dapat mengidentifikasi tren dan pola data yang dianalisisnya.

Ini membantu perusahaan untuk menghasilkan insights secara optimal dari data yang diperoleh. Dengan demikian, kemampuan ini akan membantu perusahaan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang tren pasar dan apa yang sedang dibutuhkan customer atau target market mereka.

3. Proses bisnis yang lebih sederhana namun efisien

Setiap perusahaan perlu mencari metode inovatif untuk meningkatkan cara mereka dalam menjalankan operasi bisnis. Dengan digitalisasi dan otomatisasi, perusahaan dapat menyederhanakan semua proses bisnis. Proses yang biasanya memakan waktu dan energi, dapat berjalan secara otomatis berkat otomatisasi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki lebih banyak sumber daya untuk pekerjaan yang lebih bernilai tambah. Selain itu, otomatisasi memberikan hasil yang sangat reliable.

4. Meningkatnya produktivitas dan efisiensi

Produktivitas berarti skala perbandingan antara hasil yang dapat dihasilkan perusahaan dengan input yang digunakan. Efisiensi berkorelasi dengan waktu, energi, dan biaya yang digunakan untuk menghasilkan outcome.

Sangatlah penting untuk memiliki sarana digitalisasi yang tepat. Yang memerlukan perhatian adalah agar teknologi tersebut dapat mengotomatisasi pekerjaan yang bersifat repetitif dan memakan waktu, sehingga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi proses bisnisnya. Hal ini sesuai dengan fakta bahwa otomatisasi memberi kesempatan kepada perusahaan untuk mengalokasikan sumber daya mereka ke hal-hal yang lebih bernilai tambah lainnya.

5. Meningkatnya kualitas pekerjaan

Karena cognitive bot mengotomatisasikan proses, kecil kemungkinan kesalahan terjadi. cognitive bot bekerja dengan cerdas dan mereka tidak mengenali human-error. Manusia rentan terhadap kesalahan, terutama jika pekerjaannya sangat memakan waktu. Karena otomatisasi dapat diandalkan 24/7, terlepas dari seberapa repetitif pekerjaan tersebut, maka kesalahan dapat terhindar.

6. Proses pengambilan keputusan yang lebih cerdas

A.I. Machine Learning memungkinkan perusahaan untuk memahami dan menganalisis data dengan lebih baik. A.I. Machine Learning memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi pola dan tren dari kumpulan data tertentu.

Dengan demikian, teknologi ini dapat memberikan rekomendasi kepada staf manusia untuk mengambil keputusan yang kompleks dari sejumlah besar data. Staf manusia hanya perlu memberi kecerdasan buatan ini sejumlah riwayat data untuk dipelajari, dan membiarkan cognitive bot memahaminya sehingga pada akhirnya dapat memberikan output.

Lihat bagaimana A.I. Machine Learning dapat membantu proses pengambilan keputusan secara lebih cepat dan tepat.

7. Kemudahan meraih target pasar

Dengan kemudahan dalam pengumpulan dan analisis data, perusahaan dapat lebih memahami apa yang sedang target pasar mereka butuhkan, terutama tren terbaru yang. Menggunakan alat otomatisasi yang tepat, perusahaan dapat meraih customer mereka dengan lebih baik.

Lihat bagaimana menggunakan cognitive automation untuk mengumpulkan data riset pasar.

8. Membuka peluang inovasi

Kemudahan dalam memanfaatkan data untuk menghasilkan insights adalah kunci untuk peluang inovasi yang lebih besar. Hal ini akan membantu perusahaan untuk mengatasi teka-teki tentang apa yang menjadi game-changer. Hal ini akan meningkatkan nilai kompetitif perusahaan itu sendiri.

9. Mengurangi operational cost

Setiap perusahaan akan selalu mencari cara untuk mengurangi biaya operasional, dengan output yang sama atau bahkan lebih baik. Otomatisasi terbukti lebih menghemat waktu dan yang terpenting biaya. Hal ini karena proses manual lebih lambat daripada proses yang berjalan secara otomatis, belum lagi error yang bisa terjadi. Menurut penelitian yang oleh IDC, proses yang tidak efisien akan membebani perusahaan hingga 30% dari pendapatan tahunan mereka. Menurut Forrester, digitalisasi berpotensi menghemat biaya operasional hingga 90%.

10. Manfaat untuk karyawan

Jika perusahaan menempatkan karyawan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan secara manual maka hal ini dapat menjadi membosankan dan akan menghalangi mereka untuk berkembang. Karyawan takkan dapat belajar dan berkembang secara profesional. Volume pekerjaan yang tinggi dan repetitif dapat menjadi sumber stress bagi karyawan.

Dengan digitalisasi, lingkungan kerja yang lebih dinamis, cerdas, dan nyaman dapat terbentuk. Dengan mengurangi beban kerja dan stres karyawan, perusahaan akan memiliki kesempatan untuk melatih dan meningkatkan keterampilan mereka untuk pekerjaan yang bernilai tambah. Karyawan juga akan lebih termotivasi dan puas dengan lingkungan kerja yang membaik.

Sangat penting untuk mengevaluasi teknologi digitalisasi berbasis otomatisasi terbaik yang dapat membantu perusahaan Anda untuk mencapai berbagai manfaat di atas. Lihat Bagaimana Memilih Software RPA Terbaik Untuk Usaha Anda.


Baca artikel ini dalam Bahasa Inggris

By: Kezia Nadira