Apakah Anda sudah memanfaatkan marketing automation untuk Marketing dan Sales di perusahaan Anda? Apakah Anda tahu bahwa Intelligent Automation adalah salah satu contoh penerapan marketing automation?

Ketahui apa itu intelligent automation dan mengapa bermanfaat bagi bisnis

Intelligent Automation tentu memiliki kegunaan yang luas dalam kehidupan kita sehari-hari, teknologi ini digunakan oleh bisnis di hampir penjuru dunia. Menurut survei yang dilakukan oleh Semrush, 71% pemasar menemukan Intelligent Automation dapat berguna untuk personalisasi. Dalam hal Marketing dan Sales, penting bagi bisnis untuk menyusun strategi untuk memiliki keterlibatan yang lebih baik dengan pelanggan dan prospek mereka. Dengan banyaknya data yang perlu diproses, karyawan dapat memperoleh manfaat dengan bantuan Intelligent Automation melalui otomatisasi proses bisnis atau pekerjaan mereka.

Kenali 5 Tanda Anda Perlu Robot Cerdas untuk Otomatisasi Proses Bisnis

Mengingat teknologi Intelligent Automation dan kemampuannya yang luas, tentunya dapat kita gunakan sebagai salah satu teknologi untuk marketing automation. Bagaimana contoh penerapannya dalam Marketing dan Sales?

1. Mengumpulkan data secara cepat dan mudah dengan web scraping

Dalam Marketing dan Sales, data memegang peranan yang sangat penting. Ini bisa berupa data kompetitor, yang perlu sering diperbarui agar perusahaan Anda tetap kompetitif. Atau juga bisa berupa data tentang apa yang sedang tren di pasar, yang juga perlu sering diperbarui agar perusahaan tetap bertahan dalam bisnis.

Karena customer memiliki kebutuhan yang dinamis, penting untuk selalu memperbarui data. Data membantu Anda membangun campaign dan strategi pemasaran atau penjualan yang efektif, sehingga Anda dapat membidik customer dengan lebih baik dengan meluncurkan produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan mereka. Anda juga dapat memanfaatkan data untuk mengevaluasi produk atau layanan yang perusahaan Anda sediakan.

Tapi, bagaimana cara Anda mengelola data? Bagaimana cara Anda mengumpulkan data, yang terkadang dapat bervariasi dan berada di sumber yang berbeda seperti dokumen, sistem, media sosial, platform? Dengan marketing automation, Anda dapat mengumpulkan data lebih cepat dan lebih mudah, dengan web scraping.

Apa itu Web Scraping?

Web-scraping adalah proses ekstraksi atau mengambil data dari berbagai sumber seperti website, secara otomatis.

Anda dapat secara otomatis mengumpulkan yang tersedia untuk umum dalam skala besar yang berada di situs web, media sosial, atau platform e-commerce. Dengan ini, cognitive bot dapat mengumpulkan data dan menyimpannya untuk Anda gunakan atau analisis sesuai dengan kebutuhan.

Metode ini akan membantu departemen Marketing dan Sales untuk memiliki metode pengumpulan data secara otomatis. Alih-alih menghabiskan begitu banyak waktu untuk mengumpulkan data, departemen Marketing dan Sales dapat menghemat waktu. Hal ini bisa untuk membangun strategi yang lebih baik dengan memanfaatkan data tersebut untuk membidik pelanggan mereka dengan lebih baik.

Baca tentang web scraping lebih lanjut

Lihat contoh web scraping:

2. Memahami tingkat kepuasan customer dengan analisis sentimen

Sangatlah penting untuk mengukur dan melacak kepuasan customer (dan feedback mereka) terhadap produk atau layanan Anda. Memiliki pengetahuan menyeluruh tentang bagaimana persepsi pelanggan tentang produk atau layanan Anda dapat membantu Anda mengevaluasi dan melakukan perbaikan. Di sini sekali lagi, data memainkan peran yang sangat penting – pengumpulan dan analisis data sangatpenting untuk dilakukan.

Analisis sentimen ini juga berguna bagi Anda jika departemen Marketing hendak melakukan penelitian tentang tren di pasar, atau jika mereka ingin meluncurkan produk – tetapi sebelum itu, mereka ingin mengetahui bagaimana sentimen publik terhadap produk serupa.

Dengan fitur AI dalam Intelligent Automation, sangat memungkinkan untuk melakukan analisis teks. Kemampuan ini dimungkinkan melalui A.I. Natural Language Processing (NLP). NLP memungkinkan marketing automation untuk secara cerdas menilai, menganalisis, dan mengidentifikasi teks (analisis teks) misalnya analisis sentimen, membandingkan teks (fuzzy compare), mengklasifikasi teks, atau menafsirkan teks. Dengan A.I NLP  juga dapat memahami dan menafsirkan bahasa alami manusia (bahkan dalam bahasa lain selain bahasa Inggris!)

Dalam mengotomatisasikan proses memahami pelanggan ini, departemen Marketing dapat memiliki kepercayaan diri yang lebih baik dalam merilis produk atau layanan yang bertujuan untuk mendapatkan hati dan loyalitas target customer mereka.

Lihat contoh analisis sentimen:

3. Mendapatkan customer insights melalui analisis data dengan AI untuk engagement yang lebih baik

Karena marketing automation dapat mengumpulkan data secara bersamaan dengan akurasi yang tinggi, perusahaan dapat mengoptimalkan data untuk menghasilkan insights tentang customer mereka. Menggunakan A.I. Machine Learning, intelligent automation dapat mengidentifikasi tren dan pola data yang ia analisis. Kemampuan ini membantu perusahaan untuk dapat menganalisis dan mengoptimalkan data untuk menghasilkan insights yang ingin dieksplor perusahaan. Dengan demikian, akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tren pasar dan apa yang customer buuthkan.

Dengan kemudahan dalam pengumpulan dan analisis data, perusahaan dapat lebih memahami apa yang dibutuhkan target pasar mereka, terutama tren terbaru yang. Menggunakan alat otomatisasi yang tepat, perusahaan dapat meraih customer mereka dengan lebih baik di antara lingkungan bisnis yang kompetitif.

Kemudahan dalam memanfaatkan data untuk menghasilkan insights adalah kunci untuk peluang inovasi yang lebih besar. Hal ini akan membantu perusahaan untuk mengatasi teka-teki tentang apa yang menjadi game-changer. Hal ini akan meningkatkan nilai kompetitif perusahaan itu sendiri.

Lihat contoh analisis data dengan Machine Learning:

4. Menciptakan komunikasi kepada customer dengan lebih efektif

Bayangkan Anda dapat menjangkau ratusan (atau bahkan ribuan) customer dalam waktu kurang dari satu jam! Contohnya, Anda akan merilis promosi atau mengumumkan adanya diskon baru untuk suatu produk. Anda ingin memastikan bahwa pesan ini sampai ke customer secara efektif. Menjangkau mereka melalui email melalui newsletter adalah salah satu Teknik yang dapat kita gunakan, tetapi siapa yang sering memeriksa kotak masuk email mereka? Customer mungkin memeriksa kotak masuk di email dan menerima pesan tersebut saat periode promosi telah berakhir. Tantangannya adalah, bagaimana menjangkau mereka dengan lebih tepat waktu – atau, lebih efektif?

Dengan bantuan marketing automation, hal tersebut mungkin! Anda dapat menyesuaikan pesan, baik itu berupa teks, video, atau gambar! Anda dapat menargetkan berdasarkan grup dengan pesan atau konten yang berbeda. Robot hanya perlu mengirimkannya! Anda dapat mengandalkan teknologi ini karena robot dapat mengirim pesan yang berbeda ke target customer yang berbeda, seperti yang Anda inginkan. Robot dapat mendapatkan nomor telepon customer dari sistem Anda, dan secara otomatis mengirim pesan. Anda juga dapat mengirim dalam berbagai bahasa!

Lihat contoh mass-messaging oleh robot:

5. Mengotomatisasi data entry dan pengolahan data

Dengan intelligent automation, Anda dapat melakukan data entry dan konsolidasi data secara otomatis dan lebih efisien. Jika Anda mendigitalisasikan dokumen secara manual, membarui dan memasukkan data antar sistem secara manual – maka Anda harus berhenti dan mencari solusi lain untuk mengerjakan proses tersebut.

Intelligent automation membantu meningkatkan produktivitas Anda dengan mengotomatiskan manajemen data Anda. Robot dapat membaca dan mengekstrak data dari dokumen, yang mana berarti Anda tidak perlu mendigitalisasikannya secara manual. Robot juga dapat mengambil data yang Anda butuhkan dan mengekstraksinya dari berbagai sumber – baik itu sistem, platform, atau dokumen kertas, dan menggabungkannya dalam sebuah spreadsheet.

Lihat contoh ekstraksi data dari dokumen

Membarui sistem CRM dan ERP juga bisa menjadi hal yang menjenuhkan dan memakan waktu. Bayangkan memiliki robot untuk melakukan hal ini untuk Anda, memungkinkan Anda melakukan lebih banyak tugas strategis yang memiliki nilai lebih untuk bisnis Anda.

Lihat contoh konsolidasi data

Lihat bagaimana robot memasukkan, membarui, dan mengkonsolidasi data:

6. Menghasilkan berbagai macam laporan secara cepat dan tepat

Departemen Marketing dan Sales memiliki banyak jenis laporan untuk dibuat dan diproses setiap hari. Proses ini melibatkan pengambilan data dari berbagai sumber, mengkonsolidasikan dan menyusunnya, dan mengirimkan laporan ini ke tingkat manajerial untuk ditinjau. Proses ini dapat berulang mingguan, bulanan, dan tahunan.

Tetapi bagaimana jika Anda dapat secara otomatis menghasilkan laporan dalam hitungan detik? Pembuatan laporan terhadap performa ads pada Marketing? Laporan marketing metrics? Laporan analitis tentang performa media sosial Anda dalam berinteraksi dengan customer?

Membuat laporan adalah salah satu pekerjaan yang paling sering dilakukan setiap departemen, termasuk dan terutama departemen Marketing dan Sales dengan banyak variabel untuk diukur secara berkala. Termasuk ke dalam pekerjaan berulang, yang sebagian besar mencakup proses yang berhubungan dengan data, dan membebani karyawan untuk menghabiskan rata-rata 19 hari kerja setiap tahun untuk jenis pekerjaan ini.

Baca tentang jumlah jam yang Anda harus habiskan untuk pekerjaan berulang

Lihat contoh bagaimana robot membuat laporan secara otomatis:

Manfaat Marketing Automation

Membantu karyawan untuk memiliki produktivitas dan efisiensi yang lebih baik

Sering kali karyawan harus mengerjakan pekerjaan berulang yang bervolume tinggi di departemen Marketing dan Sales. Seperti pemrosesan dokumen dan pengumpulan atau pengolahan data. Marketing automation dapat mengurangi beban kerja mereka dengan mengotomatisasikan pekerjaan ini. Tidak hanya ini akan menghemat banyak waktu, karyawan juga dapat menggunakan waktu yang tersebut untuk meningkatkan keterampilan dan menyelesaikan pekerjaan dengan nilai tambah yang lebih tinggi.

Meningkatkan ROI

Dengan efisiensi kerja yang lebih baik dan penghematan waktu, perusahaan dapat memiliki peningkatan ROI. Mengimplementasikan marketing automation adalah strategi bisnis yang dapat membantu mengotomatisasikan pekerjaan yang berulang dengan tingkat eror yang lebih rendah, waktu yang lebih singkat, proses yang lebih sederhana, dan peningkatan ROI. Teknologi kecerdasan buatan yang dapat digabungkan dengan marketing automation dapat membantu bisnis menargetkan kebutuhan customer.

Customer Insights yang Instan

Marketing Automation memberikan cara yang lebih efisien dan efektif untuk mengumpulkan dan menggunakan data. Hal ini akan membuka kunci bagi departemen Marketing untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tren pasar dan apa yang dibutuhkan customer.

Marketing Automation untuk Marketing dan Sales yang Lebih Baik

Kesimpulannya, penerapan marketing automation dalam departemen Marketing dan Sales dapat mengubah cara sebuah bisnis berinteraksi dengan customer mereka.

Tanpa teknologi beberapa tahun yang lalu, kemampuan ini pernah dianggap mustahil. Saat ini, bisnis dapat menyesuaikan interaksi mereka untuk setiap customer dan prospek.

Oleh: Kezia Nadira