Di dunia kerja nyata, lebih dari 60% data bersifat semi-terstruktur atau tidak terstruktur. Oleh karena itu, perusahaan perlu menemukan solusi berbagai fitur AI dengan RPA yang membantu organisasi memperluas otomatisasi ke lebih banyak proses.

Apa itu Intelligent Automation?

Intelligent Automation (AI) -kadang disebut juga Cognitive Automation adalah kombinasi dari teknologi Robotic Process Automation (RPA) dan Artificial Intelligence (AI) yang bersama-sama menyediakan otomatisasi proses bisnis end-to-end yang cepat dan mempercepat transformasi digital.

Untuk meningkatkan cakrawala otomatisasi proses bisnis dengan urutan besarnya,Intelligent Automation analitik, deteksi proses otomatis dan analitik proses, serta teknologi kognitif seperti visi komputer, bahasa alami pemrosesan, dan logika fuzzy.

3 Komponen Intelligent Automation

Intelligent Automation terdiri dari tiga teknologi kognitif. Integrasikan komponen-komponen ini untuk menciptakan solusi transformasi bisnis dan teknologi.

Artificial Intelligence & Machine Learning

Komponen terpenting dari Intelligent Automation adalah kecerdasan buatan atau AI. Dengan menggunakan pembelajaran mesin dan algoritme canggih untuk menganalisis data terstruktur dan tidak terstruktur, perusahaan dapat membangun basis pengetahuan dan membuat prediksi berdasarkan data tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Machine Learning dan Semua Hal Yang Perlu Anda Mengerti

Manajemen Proses Bisnis (BPM)

Komponen kedua dari Intelligent Automation adalah manajemen proses bisnis (BPM), juga dikenal sebagai otomatisasi proses bisnis. Manajemen Proses Bisnis mengotomatiskan alur kerja untuk memberikan lebih banyak fleksibilitas dan konsistensi dalam proses bisnis. Manajemen proses bisnis digunakan di sebagian besar industri untuk mengoptimalkan proses dan meningkatkan komunikasi dan komunikasi.

Robotics Process Automation (RPA)

Robotics Process Automation (RPA) menggunakan robot atau bot perangkat lunak untuk melakukan tugas latar belakang, seperti memperoleh data atau mengisi formulir. Robot ini melengkapi kecerdasan buatan, dan RPA dapat menggunakan analisis kecerdasan buatan untuk mendorong tugas yang lebih kompleks dan kasus penggunaan.

Apa Manfaat Intelligent Automation?

Meningkatnya popularitas RPA menggunakan teknologi kecerdasan buatan memperluas kemungkinan untuk mengotomatisasi proses bisnis dan mencakup hampir semua skenario: Robot kognitif dapat bernalar dan membuat keputusan, belajar dari tempat kerja, untuk menjadi aset berharga dalam tenaga kerja digital Anda yang terhubung dengan orang-orang.

Exception Handling

Ini adalah salah satu bidang utama yang membutuhkan campur tangan manusia. Dalam kasus di mana otomatisasi tidak dapat melakukan tindakan yang diinginkan dengan benar, seseorang harus memasuki alur kerja untuk menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan otomatisasi, atau untuk memperbaiki alasan yang mencegah otomatisasi menyelesaikan tugas dengan benar.

Membuat keputusan

Saat merancang alur kerja, sering terjadi bahwa semua tugas yang perlu dilakukan dalam alur kerja dapat sepenuhnya otomatis. Namun, menangani alur kerja berdasarkan parameter yang diperlukan tidak dapat ditentukan dengan mudah dan memerlukan evaluasi non-standar. Dalam skenario ini, orang harus terlibat dalam pengambilan keputusan manual.

Berikut adalah contoh bagaimana Machine Learning dapat membuat keputusan dalam proses persetujuan pinjaman:

Melatih Tugas Otomatis (AI & ML)

Fungsi penting lainnya yang harus dilakukan orang dalam lingkungan Intelligent Automation adalah pelatihan komponen otomasi. Melalui antarmuka yang intuitif, orang membuat keputusan (untuk skenario pengecualian) tentang data dan terlibat langsung dalam pelatihan, pengoptimalan, dan pengujian data untuk algoritme pembelajaran mesin.

Dengan kata lain, Intelligent Automation adalah kombinasi sempurna antara seni dan sains, manusia dan mesin. Sekarang Anda lebih mengerti definisi sebenarnya dari kata Intelligent Automation.


Baca artikel ini dalam Bahasa Inggris

By: Elsa Ajarwati

Attribution: Computer photo created by pressfoto – www.freepik.com