Kami mengambil bagian dalam konferensi & pameran ASEAN Innovation Business Platform (AIBP) edisi ke-37 di Indonesia yang diadakan pada 1-2 November 2022. Baca lebih lanjut tentang konferensi dan pameran AIBP selama 2 hari.

Program ini juga mencakup kunjungan lapangan selama 2 hari ke beberapa perusahaan di Indonesia, khususnya Jakarta, mulai tanggal 3-4 November 2022. Tujuan dari kunjungan tersebut tidak hanya untuk menjalin hubungan dengan calon partner dan customer di Indonesia, tetapi juga untuk belajar, networking, dan bertukar pandangan.

Tentang ASEAN Innovation Business Platform (AIBP) 2022

AIBP berfungsi sebagai jalan bagi organisasi publik dan swasta di Asia Tenggara untuk mengakses dan bertukar informasi tentang pertumbuhan dan inovasi dalam lingkup B2B. Dengan jaringan lebih dari 30.000 stakeholders saat ini di Asia Tenggara, AIBP terus mengembangkan ekosistem dengan terlibat dalam kegiatan yang menciptakan informasi nilai tambah bagi pemangku kepentingan kami yang ingin membuat dampak transformatif dalam organisasi mereka.

Info lebih lanjut: https://iotbusiness-platform.com/about-us/

Mengunjungi Kalbe Farma

PT Kalbe Farma Tbk, atau hanya dikenal sebagai Kalbe, adalah perusahaan farmasi, kesehatan dan nutrisi Indonesia yang didirikan pada tahun 1966. Perusahaan telah berkembang dengan akuisisi strategis perusahaan farmasi, menjadi perusahaan kesehatan dan nutrisi konsumen yang terintegrasi. Kalbe adalah perusahaan farmasi publik terbesar di Asia Tenggara dengan kapitalisasi pasar sekitar US$5 miliar.

Mengunjungi Kalbe Farma

Kami mengunjungi Kalbe Farma pada 3 November 2022. Mereka memperkenalkan profil perusahaan mereka dan kami mengadakan tur melihat galeri ke pabrik mereka. Mereka juga berbagi perjalanan transformasi digital yang berujung pada diskusi terbuka di antara mereka dan beberapa pelaku teknologi dan inovator yang hadir dalam kunjungan tersebut.

Diskusi dengan Kalbe Farma

Mengunjungi Jakarta Smart City

Jakarta Smart City berfungsi sebagai katalis dalam menciptakan ekosistem kota pintar 4.0 di Jakarta. Mereka berperan sebagai lab inovasi sekaligus penghubung antara warga sebagai co-creator dan pemerintah sebagai collaborator.

Jakarta Smart City adalah penerapan konsep kota pintar yang mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mengetahui, memahami, dan mengendalikan berbagai sumber daya di kota dengan lebih efektif dan efisien guna memaksimalkan pelayanan publik, memberikan solusi, dan mendukung pembangunan berkelanjutan.

Unit Pengelola Jakarta Smart City bekerja di bawah Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun Jakarta menjadi kota yang lebih cerdas.

Kami mengunjungi Jakarta Smart City pada 3 November 2022. Dalam tur lounge, mereka menunjukkan teknologi yang mereka terapkan untuk mengelola masalah lingkungan di Jakarta seperti lalu lintas dan banjir. Mereka menjelaskan keterbukaan mereka terhadap teknologi baru untuk beradaptasi, untuk membantu mereka mengelola masalah lingkungan di Jakarta dengan lebih baik dan lebih cepat.

Mengunjungi Jakarta Smart City

Mengunjungi Mattel Indonesia

PT Mattel Indonesia adalah perusahaan dunia dan pemimpin dalam bisnis mainan. Mattel adalah produsen mainan terbesar yang mempekerjakan sekitar 7.000 orang di Indonesia. Memiliki dua pabrik di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang – Bekasi.

Mengunjungi Mattel Indonesia

Kami mengunjungi Mattel Indonesia pada 4 November 2022. Dalam kunjungan tersebut, mereka menjelaskan proses transisi menuju transformasi digital 4.0 yang meliputi otomatisasi dan digitalisasi, serta tantangan yang dihadapi dan solusi yang mungkin untuk mengatasinya – yang berujung pada diskusi dan pertukaran informasi wawasan dari para pemain teknologi dan inovator yang hadir.

Kami juga melakukan tur ke pabrik mereka di mana mereka menjelaskan proses pembuatan produk mainan mereka – dimana 75% dari keseluruhan proses telah diotomatisasi.

Mengunjungi Mattel Indonesia

Mengunjungi Telkom Indonesia

Kami mengunjungi Telkom Indonesia pada tanggal 4 November 2022, hari terakhir program AIBP yang menjadikan kunjungan ke Telkom sebagai penutup program.

Telkom Indonesia berbagi unit bisnis di Indonesia, yang terbuka untuk berbagai kemungkinan bentuk kolaborasi dengan pelaku teknologi dan inovator. Sebagai bagian dari dukungan transformasi digital di sektor pemerintah daerah, Telkom Indonesia menciptakan Smart City Nusantara yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi teknologi ICT.

Mengunjungi Smart City Nusantara oleh Telkom Indonesia

Living Lab Smart City Nusantara dibangun untuk memberikan pengetahuan dan panduan kepada para pemangku kepentingan kota pintar, khususnya pemerintah daerah terkait penerapan kota pintar. Smart City Nusantara terbagi menjadi 4 zona, antara lain Zona Smart Government, Zona Industri Cerdas, Zona Smart Citizen, dan Zona Smart Infrastructure. Setiap zona terdiri dari beberapa produk dan solusi smart city yang dikembangkan oleh anak perusahaan Telkom Group.

Lima tahun beroperasi, Living Lab Smart City Nusantara terus berinovasi mengembangkan produk dan solusi smart city yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia. Lingkup produk yang ditawarkan Telkom Group untuk mewujudkan smart city meliputi Infrastruktur, Keamanan, Kesehatan, Lingkungan, Manajemen Pemerintah, Pariwisata, Partisipasi, Pendidikan, Sumber Daya Daerah dan Aset dan Transportasi.

Diskusi dengan Telkom Indonesia

Oleh: Kezia Nadira