Novel Corona-Virus yang terkenal (sekarang secara resmi dinamai oleh W.H.O sebagai “COVID-19”) telah menjadi berita utama beberapa minggu terakhir. Ada banyak ketidakpastian karena kita belum mengetahui sifat pasti dari virus tersebut. Kami tidak tahu berapa lama untuk ditemukannya suatu vaksin atau apakah vaksin itu akan hilang dengan sendirinya seperti halnya SARS.

Selain mempengaruhi tubuh yang terinfeksi, itu juga mempengaruhi bisnis dan prospek ekonomi secara umum. Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura (MTI) baru saja melaporkan hari ini (17 Februari) bahwa pertumbuhan PDB “diperkirakan akan mencapai sekitar 0,5 persen, titik tengah kisaran perkiraan baru antara -0,5 persen dan 1,5 persen,” menurut artikel Channel News Asia.

Bagaimana bisnis dapat mengatasi badai ini? Salah satu caranya adalah dengan menyusun Rencana Kesinambungan Bisnis. Asosiasi seperti Federasi Bisnis Singapura telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam menyediakan dokumentasi yang sangat informatif terkait dengan bidang ini.

Selain itu, sikap orang-orang yang menjalankan bisnis (terutama para pemimpin bisnis) akan membuat perbedaan besar juga. Lima sifat berikut C-O-V-I-D (corona-virus) dapat menjadi alat untuk bertahan dari wabah virus ini dan membawa bisnis untuk pertumbuhan yang lebih besar.

Courage (Keberanian)

Dalam masa ketidakpastian ini, apakah Anda memilih untuk hidup dalam ketakutan? Apakah Anda membiarkan diri Anda diliputi ketakutan sehingga Anda tidak berani melakukan apa pun? Anda tentu saja harus mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan (mis., Mengambil suhu staf setiap hari, memiliki lingkungan kantor yang higienis), tetapi jangan biarkan diri Anda dilumpuhkan oleh rasa takut. Milikilah keberanian untuk melanjutkan. Milikilah keberanian untuk mencoba hal-hal yang mungkin belum pernah Anda coba di hari-hari “normal”, seperti berteman dengan “rekan kerja digital” seperti Gleematic. Ini berpotensi membantu Anda menyelesaikan pekerjaan ketika rekan kerja manusia Anda mungkin telah pergi cuti medis.

Optimisme

Kita dapat mengambil sikap “hari kiamat” atau sikap “ini juga akan berlalu”. Psikolog dan mereka yang mempelajari pikiran manusia akan setuju bahwa apa yang Anda pikirkan akan menjadi kenyataan Anda. Artikel Forbes oleh seorang psikoterapis menguraikan bagaimana self-talk Anda menjadi ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya dan bagaimana Anda dapat mengubah nasib Anda hanya dengan mengubah cara berpikir Anda. Jadi, optimislah. Pikirkan pikiran positif dan lihat gelas setengah penuh.

Veracity (Ketulusan)

Menjadi “benar” berarti terbuka dan jujur. Ini sangat penting bagi para pemimpin politik dan pemimpin bisnis. Sebagai contoh, tampaknya orang-orang di Singapura pada umumnya percaya bahwa pemerintah membagikan informasi secara memadai. Setelah para pemimpin politik Singapura menyerukan agar penduduk yang tenang dan meyakinkan bahwa rantai pasokan pulau itu tetap utuh, kita belum melihat adanya pembelian panik kebutuhan pokok sehari-hari. Ini tidak seperti situasi di Hong Kong di mana kepanikan coronavirus tidak menunjukkan tanda-tanda pelonggaran karena beberapa orang menggunakan kekerasan untuk merampok kertas toilet dalam jumlah besar. Ini terlepas dari kepastian pejabat pemerintah di Hong Kong yang mengatakan tidak perlu menimbun.
Demikian juga, bagi para pemimpin bisnis, penting untuk bersikap terbuka tentang situasi bisnis tanpa terlalu membebani rekan kerja dengan perincian tantangan. Ini adalah garis yang bagus yang harus diutip oleh para pemimpin bisnis dan merupakan tugas mereka untuk menjaga moral tim melalui keterbukaan dan kejujuran.

Inovasi

Situasi baru membutuhkan tindakan baru. Inovasi produk mungkin merupakan pertimbangan jangka panjang, tetapi perlu dipertimbangkan. Anda mungkin ingin memikirkan bagaimana produk / penawaran Anda akan lebih menarik atau lebih mudah digunakan atau digunakan?
Inovasi proses mungkin lebih cepat untuk diterapkan. Sekarang pameran berskala besar ditunda atau dibatalkan, kemana kita bisa pergi untuk bertemu prospek baru? Kami hanya harus mencari cara-cara inovatif baru untuk mengatasi itu. Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan mengadakan webinar, atau memiliki sesi pelatihan skala kecil untuk menjangkau prospek. Atau, Anda dapat meningkatkan pemasaran online Anda untuk memiliki lebih banyak penjangkauan. Atau lihat ke alat konferensi online untuk melakukan promosi penjualan.

Determination (Penentuan)

Tidak ada yang mudah, dan itu akan menjadi jalan panjang untuk “bisnis seperti biasa” untuk beberapa sektor industri. Mungkin ada beberapa korban di sepanjang jalan juga. Tetapi kami percaya bahwa jika para pemimpin bisnis dapat merangkul sifat-sifat ini di sini, Anda hanya perlu terus bekerja keras dan tekad untuk membawa bisnis Anda ke ketinggian baru.