Sepanjang sepak terjang kami, kami telah berpartisipasi dalam banyak pameran. Namun, biasanya untuk memperkenalkan teknologi kami kepada banyak perusahaan yang mencari solusi berupa teknologi. Tujuannya, tentu saja, untuk menyebarkan informasi tentang adanya teknologi otomatisasi dengan tambahan fitur kecerdasan buatan yang dapat kita lakukan. Dan, bagaimana hal itu dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Namun, kali ini kami melakukannya secara berbeda.

Pada 22-23 November 2022, Ngee Ann Polytechnic – Singapura mengadakan pameran selama 2 hari yang mereka beri nama “FESTIV.AI” – sebagai festival AI pertama mereka.

Kami mendapat kehormatan untuk berpartisipasi sebagai penyedia teknologi AI.

Tentang FESTIV.AI

FESTIV.AI merupakan festival AI pertama yang diselenggarakan oleh Ngee Ann Polytechnic. Acara ini berlangsung selama 2 hari di kampus Ngee Ann Polytechnic dengan target menjangkau seluruh siswa Ngee Ann Polytechnic dan sekolah menengah lainnya. Tujuan dari acara ini adalah agar mahasiswa mendapatkan pemahaman tingkat lanjut tentang AI dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dari segi perspektif bisnis.

Pameran ini melibatkan 10-15 perusahaan untuk memamerkan teknologi AI mereka. Beberapa contoh kategori AI yang dapat dilibatkan berupa Image/Object Recognition (Computer Vision), Chatbot/NLP (Speech Recognition), Recommendation Engine (Unsupervised Learning), Gaming (Reinforcement Learning), Autonomous Vehicle, Customer Service, Robotics, serta AR/VR.

Acara ini mengharapkan perusahaan penyedia teknologi untuk merangkul pelajar dalam berbagai topik dan contoh aplikasi AI. Tentunya akan lebih bermanfaat apabila perusahaan yang berpartisipasi dapat memamerkan teknologi mereka dengan cara yang menarik sehingga pelajar dapat mencobanya, belajar  menggunakannya secara langsung, dan tentu saja – ini semua demi pengalaman mereka. Tujuan utamanya adalah untuk membeirkan pengetahuan kepada siswa atau bahkan guru tentang cara menggunakan teknologi AI.

Teknologi Kecerdasan Buatan yang Berpartisipasi

Beberapa perusahaan yang berpartisipasi adalah yang menyediakan teknologi AI seperti:

  • Intelligent Weighing Scale

Timbangan Cerdas untuk meningkatkan efisiensi bagi banyak toko kelontong.

    • Lie Detector

    Detektor kebohongan otomatis dengan bantuan AI.

    • Nanocar

    Sebuah mobil navigasi mandiri.

    • Robotic Arm

    Robotic arm untuk mengubah industri logistik.

    • Fitness AI

    Aplikasi AI di ponsel yang akan membantu pengguna menjadi lebih fit.

    • Immersive Media

    Media immersive yang dapat membantu bisnis di berbagai industri.

    • AI for Gaming (AR/VR)

    VR saber, racing simulator, dan masih banyak lainnya.

    • Cognitive Automation

    Di sinilah Gleematic berpartisipasi!

    Memperkenalkan Gleematic sebagai Software Otomatisasi dengan Kecerdasan Buatan

    Kami memperkenalkan Gleematic sebagai software otomatisasi dengan tambahan fitur kecerdasan buatan atau AI yang dapat mengubah operasi bisnis di dalam industri dan perkantoran. Untungnya, kami mendapat bantuan dari siswa Ngee Ann Polytechnic untuk menjaga booth kami. Sangat mudah bagi tim kami untuk dengan cepat melatih dan memberi pengarahan kepada siswa, yang bertanggung jawab untuk membantu kami menjaga booth, dan kami berterima kasih kepada mereka karena telah membantu kami sepanjang acara!

    Pelajar Ngee Ann Polytechnic membantu menjaga booth Gleematic

    Berbagai macam pelajar sebagai pengunjung datang ke booth kami dan menyaksikan demo penggunaan Gleematic. Kami berharap memalui demo tersebut siswa dapat memahami penerapan AI di kehidupan nyata dalam konteks bisnis. Demo tersebut terdiri dari potensi area di mana otomatisasi dengan AI dapat diimplementasikan, serta contoh penggunaannya dari berbagai macam perusahaan yang telah menggunakan software Gleematic.

    Pelajar mengunjungi booth kami

    Kami memahami perspektif acara ini yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pelajar, yang belajar tentang kecerdasan buatan, tentang seberapa luas teknologi ini dan spektrumnya yang luas. Seperti, bagaimana kecerdasan buatan dapat berguna untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Bagi kami, acara ini berhasil dalam menjalankan perannya sebagai eye-opener, untuk menginspirasi banyak pelajar untuk menggali lebih dalam tentang AI dan fungsi kognitifnya.

    Lebih Maju dengan Teknologi Kecerdasan Buatan

    Co-founder Gleematic, Ada Lim, bersama penyelenggara dari Ngee Ann Polytechnic

    Kami berterima kasih kepada penyelenggara, Ngee Ann Polytechnic, yang telah mengundang kami untuk mengikuti festival AI ini.

    Tentunya, kami sangat senang dapat mengambil bagian untuk mendukung dan merangkul banyak pelajar. Seperti, berbagi pengalaman bisnis yang nyata serta tren teknologi yang dibutuhkan banyak perusahaan untuk meningkatkan operasi mereka. Di samping itu, kami berharap para pelajar dapat mendapatkan sesuatu dari acara ini, terutama melalui perkenalan mereka dengan Gleematic AI. Oleh karena itu, semoga mereka dapat menemukan dan mengembangkan teknologi yang lebih maju untuk manfaat yang lebih besar.

    Baca lebih lanjut tentang AI atau kecerdasan buatan

    Oleh: Kezia Nadira