Co-founder Gleematic, Christopher Lim dan Ada Lim, berpartisipasi dalam Startup Technology Showcase yang diselenggarakan oleh Singapore Shipping Association (SSA), pada 24 November 2022 di Marina Bay Sands – Singapura. Acara ini sebagai bentuk cocktail reception akhir tahun oleh SSA, yang secara garis besar merupakan acara untuk networking bagi industri shipping atau maritim.

2022 Year-end Cocktail Reception oleh SSA

Acara ini mengundang lebih dari 30 startup yang memperkenalkan bagaimana teknologi mereka dapat membantu proses bisnis dalam sektor shipping. Dan tentu saja, acara networking yang merangkap sebagai pameran kecil-kecilan ini sangat menyenangkan.

Tentang Singapore Shipping Association (SSA)

SSA mewakili spektrum yang luas dalam bisnis shipping dan maritim. Sebagai asosiasi perdagangan nasional yang dibentuk pada tahun 1985, SSA bertujuan untuk melayani dan mempromosikan kepentingan para anggotanya serta meningkatkan daya saing Singapura sebagai pusat maritim internasional.

SSA memainkan peran sebagai penasihat dan mitra tepercaya untuk lembaga pemerintah terkait. Selain itu, SSA juga bekerja sama dengan pemangku kepentingan utama dalam industri shipping dengan juga secara aktif terlibat dalam mempromosikan kepentingan shipping di Singapura baik internasional.

Gleematic untuk Sektor Shipping dan Logistik

Gleematic sebagai cognitive automation telah membantu banyak bisnis di sektor shipping dan logistic. Hal ini dalam mengubah proses kerja mereka menjadi lebih produktif dan efisien, sehingga meningkatkan nilai bisnis mereka. Gleematic membantu karyawan dalam perusahaan untuk menghemat waktu dari pekerjaan yang sifatnya berulang dan terlalu memakan waktu. Sehingga, mereka dapat mengalokasikan jam kerja dalam menyelesaikan pekerjaan dengan nilai tambah yang lebih besar.

Co-founder Gleematic, Ada Lim, dengan pengunjung booth Gleematic

Dengan mengotomatisasi berbagai macam pekerjaan, sektor shipping dapat menghemat biaya sekaligus meningkatkan produktivitas kerja. Gleematic dapat mengotomatisasi proses-proses dalam shipping dan logistik seperti:

  • Memproses dokumen seperti Bills of Lading, di mana Gleematic dapat membaca dan mengekstrak data dari dokumen
  • Memberikan rekomendasi rute pengiriman yang cepat, efektif, dan efisien
  • Mengintegrasi dan mengkonsolidasi data antar sistem seperti data entry dan membarui data
  • Mengotomatisasi pemesanan (booking) untuk ekspor
  • Inventory management
  • Mengotomatisasi proses retur barang
  • Mengotomatisasi custom declarations
  • Membuat, menyusun, dan mengirim berbagai macam laporan
  • Dan masih banyak lagi!

Cari tahu lebih lanjut tentang otomatisasi proses di sektor logistik

Tim Gleematic ingin berterima kasih kepada SSA dan semua pihak penyelenggara terkait atas kesempatan ini, di mana kami dapat memperkenalkan peranan otomatisasi dalam sektor logistik dan shipping.

Oleh: Kezia Nadira